Ekspedisi merupakan salah satu bagian panjang dari proses berjualan online. Setelah kita deal dengan pembeli kita, kita sebagai penjual harus segera mungkin memproses barang yang akan dikirim dan pergi menuju tempat jasa ekspedisi berada.
Khusus di Indonesia, sudah tersedia banyak sekali pilihan jasa ekspedisi yang bisa kita gunakan. service yang mereka tawarkan pun sudah sangat beragam. ada Same Day, Instant, Reguler, Sampai Trucking.
Selama saya menjalani usaha online, menurut saya hampir semua jasa ekspedisi yang sudah tersedia sudah memiliki service yang sangat baik. Baik dari segi ketepatan waktu maupun pelayanan.
Kali ini, saya tidak akan menyebutkan brand dari jasa ekspedisinya. Namun, saya menjelaskan beberapa tips memilih jasa ekspedisi sesuai dengan kebutuhan kita :
Sebelum membeli barang, pastikan terlebih dahulu oleh kamu kira-kira barang yang akan kamu beli ini kapan sih sampainya ??? Kalau barang yang kamu beli ingin segera digunakan, pilihlah service dengan estimasi waktu minimal 3 jam - 1 hari sampai.
Kalau kamu emang lagi gak buru-buru buat pake barang tersebut, dan tidak terikat oleh apapun, kamu bisa pilih service reguler dengan estimasi waktu 2 - 3 hari.
Nah kalau kamu ingin ongkir yang murah meriah juga ada kok. Tapi dengan estimasi waktu yang lebih lama tentunya dari yang biasanya. Yaitu sekitar 4 - 7 hari perkiraan.
Jika kamu punya budget yang banyak, apa salahnya jika kamu mencoba service dengan harga yang agak mahal. Karena, semakin cepat barang yang kita beli sampai, maka semakin mahal pula biaya yang akan kita keluarkan untuk ongkos kirim. Karena Perusahaan jasa ekspedisi memberikan prioritas lebih kepada produk anda untuk sesegera mungkin sampai di tempat anda.
Dan kalau budget yang kamu punya pas-pasan, mungkin service reguler bisa jadi alternatif kamu nih sobat.
Untuk beberapa ekspedisi, ada yang menyediakan harga khusus untuk pengiriman minimal 10 kg. jadi harganya pun lebih murah dibandingkan kalau kalian mengirim barang di bawah 10 kg. Ini biasanya untuk kalian yang menjual barang dengan sistem partai besar.
Nah, biasanya kita akan lebih mengutamakan jasa ekspedisi yang memang sudah lebih dulu ada. Tapi, untuk jasa ekspedisi baru mereka pun secara kualitas sudah hampir sama dengan jasa ekspedisi yang sudah lama. So, pilihan pun ada di tangan kalian yahhh
Jasa ekspedisi yang baik, pasti selalu cepat dan tanggap dalam melayani berbagai macam keluhan yang datang dari para customer. Mereka juga akan mencarikan solusi terbaik agar jangan sampai kita sebagai costumer yang dirugikan.
Kalau boleh saya ceritakan sedikit, saya punya cerita yang membuat saya pun agak sedikit kesal dengan salah satu Jasa ekspedisi...
Jadi awalnya saya memesan hijab di salah satu toko online di Jakarta. Setelah terjadi kesepakatan antara saya dengan penjual mengenai harga, ongkos kirim, dan pemilihan jasa ekspedisi. Kebetulan alamat saya ada di kota Bekasi. Barang pun langsung dikirim oleh penjual pada hari yang sama.
Keesokan harinya, penjual pun mengirimkan resinya dan saya pun mengecek resi yang dia kirim. Saya dibuat kaget saudara-saudara :v
Setelah saya cek di bagian estimasi waktu pengiriman, disitu tertulis 8 HARI !!!!
Waduh, kok bisa 8 hari begitu ya?? karena biasanya pengiriman Jakarta - Bekasi hanya 2 - 3 hari saja. Tanpa berfikir panjang langsung Komplain dan saya telpon pihak ekspedisi tersebut.
Setelah saya telpon dan menjelaskan masalah yang saya dapat, Bukan Fast Respon yang saya dapat malah Slow Respon. Dan lucunya lagi, pihak ekspedisi tidak meminta maaf dan seakan-akan tidak memberikan solusi dengan membiarkan barang yang saya pesan sampai 8 hari.
Yah bagaimana lagi, akhirnya saya pun menunggu dengan sabar barang yang saya pesan sampai 8 hari kemudian baru sampai.
Jadi ia merupakan seorang pegawai yang diberi tugas untuk mencari barang yang harus dipakai keesokan harinya di perusahaan tempat ia bekerja.
Lalu dia pun chat kepada saya untuk langsung mengambil barang yang telah dia beli melalui transfer sekarang. Dan ia pun langsung otw ke workshop saya karena deadline yang diberikan oleh bosnya.
Tapi, yang namanya kita belanja secara online pastu kita menginginkan belanja dengan proses yang instant bukan?
Kalau kalian yang ingin serba instant rasanya kalau kita yang mengambil sendiri barang yang telah kita pesan rasanya pasti kita pun enggan untuk mengambilnya. Lebih baik menyewa jasa ekspedisi yang terpercaya saja agar keamanan dan keselamatan barang kita pun lebih terjamin.
Gimana, apa kalian sudah mulai mengerti mengenai cara memilih jasa ekspedisi yang baik buat bisnis online kita ? Kalau kalian masih bingung boleh kalian komentar di bawah yahhh..
Sekian artikel ini dan sampai jumpa....
Khusus di Indonesia, sudah tersedia banyak sekali pilihan jasa ekspedisi yang bisa kita gunakan. service yang mereka tawarkan pun sudah sangat beragam. ada Same Day, Instant, Reguler, Sampai Trucking.
Selama saya menjalani usaha online, menurut saya hampir semua jasa ekspedisi yang sudah tersedia sudah memiliki service yang sangat baik. Baik dari segi ketepatan waktu maupun pelayanan.
Kali ini, saya tidak akan menyebutkan brand dari jasa ekspedisinya. Namun, saya menjelaskan beberapa tips memilih jasa ekspedisi sesuai dengan kebutuhan kita :
- Seberapa lama barang yang kamu beli ingin sampai ke tangan kamu
Seberapa lama barang yang kamu beli ingin sampai ke tangan kamu |
Sebelum membeli barang, pastikan terlebih dahulu oleh kamu kira-kira barang yang akan kamu beli ini kapan sih sampainya ??? Kalau barang yang kamu beli ingin segera digunakan, pilihlah service dengan estimasi waktu minimal 3 jam - 1 hari sampai.
Kalau kamu emang lagi gak buru-buru buat pake barang tersebut, dan tidak terikat oleh apapun, kamu bisa pilih service reguler dengan estimasi waktu 2 - 3 hari.
Nah kalau kamu ingin ongkir yang murah meriah juga ada kok. Tapi dengan estimasi waktu yang lebih lama tentunya dari yang biasanya. Yaitu sekitar 4 - 7 hari perkiraan.
- Sesuaikan dengan tarif yang akan kamu pilih
Sesuaikan dengan tarif yang akan kamu pilih |
Jika kamu punya budget yang banyak, apa salahnya jika kamu mencoba service dengan harga yang agak mahal. Karena, semakin cepat barang yang kita beli sampai, maka semakin mahal pula biaya yang akan kita keluarkan untuk ongkos kirim. Karena Perusahaan jasa ekspedisi memberikan prioritas lebih kepada produk anda untuk sesegera mungkin sampai di tempat anda.
Dan kalau budget yang kamu punya pas-pasan, mungkin service reguler bisa jadi alternatif kamu nih sobat.
Untuk beberapa ekspedisi, ada yang menyediakan harga khusus untuk pengiriman minimal 10 kg. jadi harganya pun lebih murah dibandingkan kalau kalian mengirim barang di bawah 10 kg. Ini biasanya untuk kalian yang menjual barang dengan sistem partai besar.
- Pilih jasa ekspedisi sesuai dengan pengalaman terbaik
Pilih jasa ekspedisi sesuai dengan pengalaman terbaik |
Nah, biasanya kita akan lebih mengutamakan jasa ekspedisi yang memang sudah lebih dulu ada. Tapi, untuk jasa ekspedisi baru mereka pun secara kualitas sudah hampir sama dengan jasa ekspedisi yang sudah lama. So, pilihan pun ada di tangan kalian yahhh
Jasa ekspedisi yang baik, pasti selalu cepat dan tanggap dalam melayani berbagai macam keluhan yang datang dari para customer. Mereka juga akan mencarikan solusi terbaik agar jangan sampai kita sebagai costumer yang dirugikan.
Kalau boleh saya ceritakan sedikit, saya punya cerita yang membuat saya pun agak sedikit kesal dengan salah satu Jasa ekspedisi...
Jadi awalnya saya memesan hijab di salah satu toko online di Jakarta. Setelah terjadi kesepakatan antara saya dengan penjual mengenai harga, ongkos kirim, dan pemilihan jasa ekspedisi. Kebetulan alamat saya ada di kota Bekasi. Barang pun langsung dikirim oleh penjual pada hari yang sama.
Keesokan harinya, penjual pun mengirimkan resinya dan saya pun mengecek resi yang dia kirim. Saya dibuat kaget saudara-saudara :v
Setelah saya cek di bagian estimasi waktu pengiriman, disitu tertulis 8 HARI !!!!
Waduh, kok bisa 8 hari begitu ya?? karena biasanya pengiriman Jakarta - Bekasi hanya 2 - 3 hari saja. Tanpa berfikir panjang langsung Komplain dan saya telpon pihak ekspedisi tersebut.
Setelah saya telpon dan menjelaskan masalah yang saya dapat, Bukan Fast Respon yang saya dapat malah Slow Respon. Dan lucunya lagi, pihak ekspedisi tidak meminta maaf dan seakan-akan tidak memberikan solusi dengan membiarkan barang yang saya pesan sampai 8 hari.
Yah bagaimana lagi, akhirnya saya pun menunggu dengan sabar barang yang saya pesan sampai 8 hari kemudian baru sampai.
- Ambil barang sendiri bisa jadi pilihan buat kamu
Ambil barang sendiri bisa jadi pilihan buat kamu |
Jadi ia merupakan seorang pegawai yang diberi tugas untuk mencari barang yang harus dipakai keesokan harinya di perusahaan tempat ia bekerja.
Lalu dia pun chat kepada saya untuk langsung mengambil barang yang telah dia beli melalui transfer sekarang. Dan ia pun langsung otw ke workshop saya karena deadline yang diberikan oleh bosnya.
Tapi, yang namanya kita belanja secara online pastu kita menginginkan belanja dengan proses yang instant bukan?
Kalau kalian yang ingin serba instant rasanya kalau kita yang mengambil sendiri barang yang telah kita pesan rasanya pasti kita pun enggan untuk mengambilnya. Lebih baik menyewa jasa ekspedisi yang terpercaya saja agar keamanan dan keselamatan barang kita pun lebih terjamin.
Gimana, apa kalian sudah mulai mengerti mengenai cara memilih jasa ekspedisi yang baik buat bisnis online kita ? Kalau kalian masih bingung boleh kalian komentar di bawah yahhh..
Sekian artikel ini dan sampai jumpa....
Komentar
Posting Komentar