Langsung ke konten utama

My Story Part 2 - Terjun ke Dunia Dropshipper

Memulai Terjun ke Dunia Dropshipper
Jualan Online

Yess, welcome back guys..

Setelah kalian membaca artikel sebelumnya yaitu My Story Part 1 ( Jalan Berliku Dunia Blog ), saya akan berbagi pengalaman saya selanjutnya setelah saya mencari tehnik apa yang cocok bagi saya dalam mencari peluang menghasilkan uang di dunia online yaitu Dropshipper.

Nah, saya pun langsung browsing di google, yang paling awal yaitu

Apa itu Dropshipper ?

Bagaimana Cara Memulai Usaha Dropship ?

Jujur, saat pertama memulai petualangan saya di dunia dropshipper ini, saya waktu itu dalam kondisi yang sangat bingung teman-teman. Lalu, saya mencari beberapa referensi dan menemukan beberapa step yang harus kita lalui terlebih dahulu.

Hal tersebut memang wajar teman-teman, karena saya saat kondisi itu memang sebelumnya belum pernah melakukan transaksi secara online. Lalu bos tempat saya bekerja memberikan beberapa bocoran untuk memulai berjualan online.

Berikut pemaparannya :

  • Tentukan Nama Toko Online 

Tentukan Nama Toko Online
Tentukan Nama Toko Online

Ini merupakan sebuah langkah yang menurut saya cukup mudah namun akan menentukan kedepannya. Kenapa bisa begitu, nama yang kita pilih akan menentukan pandangan konsumen terhadap toko kita. Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mencari nama yang cocok untuk toko online kita :
  1. Usahakan membuat nama toko yang menonjolkan produk yang kamu jual
  2. Cari nama toko yang mudah diingat
  3. Buat nama toko antara 3 - 5 suku kata  
  4. Riset nama toko online mu terlebih dahulu

  • Tentukan Produk Apa yang Ingin Dijual

Tentukan Produk untuk Toko Online Kita
Tentukan Produk untuk Toko Online Kita

Setelah kita menemukan nama yang cocok untuk toko online kita, langkah selanjutnya adalah cari produk apa yang cocok kita jual. Mencari produk sebenarnya susah susah gampang, hanya diperlukan beberapa strategi dan trik kita dalam menganalisa produk tersebut.

Kalian bisa menemukan produk yang kalian rasa cocok untuk dijual bisa dengan beberapa cara, misalnya dari hobi kalian, produk yang menjadi icon di daerah kalian dan lain-lain.

Kalau bisa, cobalah untuk menjual produk yang memang banyak dibutuhkan dan ketersediaannya di pasaran cukup langka agar Sell in dan Sell out barang kita menjadi lebih cepat.
  • Mulailah Kerjasama dengan Ekspedisi Pengiriman 

Mulailah Kerjasama dengan Ekspedisi Pengiriman
Mulailah Kerjasama dengan Ekspedisi Pengiriman
Kerjasama dengan pihak ekspedisi merupakan hal yang sangat penting dan perlu dipertimbangan mengingat kualitas dari ekspedisi mempengaruhi citra kita sebagai toko online di mata pelanggan. Ekspedisi yang baik harus bisa mengirimkan barang kita kepada pelanggan dengan aman, cepat dan terpercaya.

Kalau menurut analisa saya pribadi, hampir semua ekspedisi yang tersedia memiliki kualitas dan kecepatan yang baik, sehingga kita pun tidak akan terlalu sulit untuk memilih ekspedisi mana yang bisa anda percaya.

Beberapa jasa ekspedisi telah membuat promo khusus untuk para pelaku online shop seperti :
  1. Gratis antar jemput paket
  2. Diskon ongkos kirim

  • Ketahui Sikap Pembeli Kita Saat Jualan Online

Sikap Konsumen Saat Belanja Online
Sikap Konsumen Saat Belanja Online
Sebagai Penjual yang baik, kita harus mengetahui orang-orang yang Potential Buyer agar mereka segera melakukan pembelian terhadap produk kita. Biasanya mereka akan melakukan perbandingan sebuah produk di toko anda dan di toko online lainnya jika ada yang menjualnya.

Harga, Kualitas Produk, dan Review positif akan berpengaruh terhadap keputusan yang akan mereka ambil. Jangan sampai anda menyia-nyiakan kesan pertama pelanggan terhadap produk kita.

Sebaiknya, saat kita mengetahui ada pembeli yang sangat berminat dengan produk kita. Cobalah untuk membuat pembeli tersebut tanpa berfikir 2x melakukan checkout barang dengan beberapa cara. Seperti : "Ibu/Bapak disarankan melakukan transfer karena perputaran barang kita yang sangat cepat"

Walaupun pembeli kita memang berminat dengan produk kita, ada kalanya pembeli menjadi ragu di tengah jalan karena berbagai hal dan kondisi. Sehingga pembeli akan menghilang secara tiba-tiba.
  • Tingkatkan Service Tokomu

Tingkatkan Service Tokomu
Tingkatkan Service Tokomu
Toko online akan memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi jika diimbangi dengan pelayanan yang kamu berikan sebagai penjual kepada penjual.

Jangan sampai pelanggan mengirimkan chat kepada anda dan baru dibalas 2 jam kemudian. Bahkan, ada yang lebih parah lagi sampai berbulan-bulan baru dibalas. Gimana pembeli nggak kabur coba kalo penjualnya kayak gitu.....

Itu hanya sedikit pengalaman saja ya..

Saya punya sebuah kisah yang menarik............

Kisah Menarik
Kisah Menarik

Menurut sebuah buku yang dikarang oleh salesman terkenal ( saya lupa nama bukunya ) ada hal menarik yang dia tuangkan didalam buku tersebut mengenai tips meningkatkan penjualan produk
iya punya rekor menjual ribuan mobil dalam sebulan. dimana pada zaman itu belum ada yang pernah melakukannya.

Saat mendapatkan calon pelanggan, salesman itu menyampaikan semua hal yang terkait dengan produk mobil yang kita punya secara jelas.

Lalu, saat tercapai kesepakatan antara si salesman dengan pembeli. Salesman ini akan memberikan perhatian lebih kepada pembeli dengan menanyakan kembali kondisi mobil yang baru dibeli oleh pembeli.

Setelah sebulan kemudian, si salesman ini bertamu ke rumah si pembeli dan kembali bertanya kondisi mobil yang telah diberinya. Ini tentunya akan membuat pembeli pun merasa di perhatikan sebagai pembeli. Salesman itu pun memberikan beberapa penawaran kepada pembeli. Yaitu, apabila pembeli itu dapat menarik pembeli yang lain untuk membeli mobil si salesman tadi akan ada reward dari saleman itu. 

Bisakah anda menebak apa yang akan terjadi selanjutnya ??

Booom !!!! penjualan si salesman pun meledak berkat teknik penjualan yang ia terapkan kepada semua pembelinya.

Karena terlalu panjang untuk diuraikan semua dalam satu halaman, maka saya akan melanjutkan story saya di Part 3 ya guys,,

Nanti disana akan saya uraikan cara saya yang pertama untuk langsung action berjualan.


Kalau Bermanfaat silahkan di Share yah....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

My Story Part 1 - Jalan Berliku Dunia Blog

Sebenarnya saya ini orang yang malu banget buat curhat, apalagi curhat soal pribadi. Waduhhh.... Gengsi broo Tapi kali ini saya akan coba share kepada kalian gimana sih awal mulanya saya mengenal dunia online shop. Karena jujur saya sendiri mengetahui seluk beluk dunia online shop itu dari kegiatan saya nge-blog. Jadi saya akan curhat nih ke kalian mulai dari pertama kali tau dunia blog. Langsung aja, Check this out Iseng - iseng searching di google  Semenjak saya masih SMK, sekitar tahun 2015 saya sudah mulai berfikir " Gimana ya caranya supaya bisa mempunyai penghasilan dari internet ??? " Setelah sekian lama mencari, akhirnya ada beberapa opsi yang saya dapatkan teman-teman. Berikut beberapa pilihannya : Jualan Online Blog Trading Dari beberapa opsi yang saya dapatkan hasil browsing mbah google, yang saya coba pertama kali adalah Blog . " Kenapa saya pilih blog dulu ??? " Menurut saya, kegiatan blogging merupakan suatu cara menghasilka

Trik Mendatangkan Banyak Pembeli di Toko Online Kita

Banyak para pemain - pemain baru dalam dunia online yang berfokus pada Bisnis Online mengalami kesulitan dalam mengembangkan bisnisnya. Jika kita memiliki strategi yang ampuh untuk mengatasinya, pasti kita akan pede menjalankan bisnis online. Permasalahannya, tidak semua dari kita yang tau strategi yang sangat ampuh untuk mendatangkan banyak pembeli ke toko online kita. So, saya akan berikan strategi yang akan ampuh digunakan jika kita melakukannya dengan konsisten dan terukur targetnya : Analisa Trend yang sedang booming Trend akan sangat cepat sekali berganti setiap beberapa periode. Kalau kalian coba analisa, trend yang sedang terjadi akan bertahan dalam waktu 3 - 4 bulan. Ketika saya membuat artikel ini, ada waktu sekitar 11 hari lagi menuju bulan suci Romadhon. Nah, kalau kalian perhatikan TV pasti akan selalu ada iklan sirup dan aneka kue lainnya. Bisa ditebak angka penjualan sektor makanan dan minuman pun akan ikut membludak. Coba dehh, kalian mencari ide l

Review Product Adellist Baby Bottle Holder

Bayi Hai moms, bagaimana kabarnya nih??? aku berharap kalian baik-baik saja ya. Disaat kalian sedang mengurus sang buah hati, tentunya harus dengan hati yang tulus dan ikhlas. Sementara kalau buah hati kita sedang rewel-rewelnya nih, biasanya sih diumur 0-3 tahun ya moms. Terkadang, saat kita memberinya susu formula di botol itu pada beberapa anak akan menjadi sangat hiperaktif. Kita sebagai ibu pun akan mengalami kesulitan mengurusnya. Belum lagi kita juga harus menyiapkan keperluan suami kita ya kann.... Pas banget nih buat kalian para ibu yang agak kesulitan memberikan susu formula, nih aku akan mencoba bahas sebuah produk yang sedang hits nih dan masuk best seller Nurfala Big Mall Lho.. yaitu Adellist Baby Bottle Holder. Adellist Baby Bottle Holder "Apa Sih Adellist Baby Bottle Holder Itu?" Adellist Baby Bottle Holder merupakan bantal serbaguna yang berfungsi sebagai sandaran kepala buat si kecil sekaligus sebagai penahan botol susu agar pas mengenai m